You are here
Home > Berita > Bupati Sumba Barat menyerahkan bantuan Pembanguan Rumah Adat secara simbolik

Bupati Sumba Barat menyerahkan bantuan Pembanguan Rumah Adat secara simbolik

Waikabubak, 17/ 10/2019 Dalam rangka pelestarian kampung-kampung situs dan peninggalan sejarah Bupati Sumba Barat A.N Dapawole berkomitmen untuk untuk mempertahakan kondisi rumah-rumah adat yang ada pada kampung situs dengan memberikan bantuan bahan material lokal dapat dipergunakan dalam pembuatan rumah adat. Rumah adat yang dibangun dijadikan objek daya tarik wisata karena memiliki karektaristik yang unik jika dibandingkan dengan rumah adat yang ada di tempat lain sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kab. Sumba Barat.
Bupati Dapawole juga menegaskan ada sebuah julukan yang pantas diberikan Kepada Kabupaten Sumba Barat yaitu The Land Of A Thousand Villages atau tanah seribu kampung. Sumba Barat memang penuh dengan kampung-kampung tradisional yang tersebar mulai dari pelosok terpencil hingga kepusat Kota.
Penduduk Sumba Barat umumnya membangun Kampung mereka di puncak Bukit. Kecenderungan ini setidaknya didasarkan atas dua alasan utama yaitu praktis dan religus, masa lalu sering terjadi perang antar suku untuk memperebutkan daerah kekuasaan sehingga tempat yang tinggi dianggap praktis untuk dijadikan benteng pertahanan sedangkan pada sisi relegius mengacu pada konsepsi prasejarah yang menganggap semakin tinggi tempat tinggal, semakin dekat pula penghuninya dengan arwah leluhur dan dewa-dewa. Apapun alasannya posisi kampung yang berada di puncak bukit mendatangkan keuntungan estetika yang sangat indah.
Pada saat yang sama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Charles H. Weru dalam sambutannya menyampaikan Dinas Pariwisata terus berkomitmen untuk menjadikan pariwisata sebagai lokomotif penggerak pembangunan utama di Kabupaten Sumba Barat dengan terus melakukan penataan kampung-kampung adat, mengembangkan destinasi karena sudah dipastikan bahwa arah pembangunan Pariwisata Sumba Barat pariwisata bertumpuh pada pengembangan Pariwisata berbasis budaya dan alam.
Kadis Pariwisata juga menegaskan agar penerima bantuan dapat menfaatkan bantuan yang diterima untuk kepentingan pembangunan rumah dan jangan dipakai untuk kepentingan lain.
Bantuan ini diperutukan bagi 13 Rumah adat yang berada di kampung situs yang ada di yang menyebar di seluruh Kabupaten Sumba Barat.
Benyamin Yewang

Leave a Reply

Top